ANALISIS EVALUASI STRATEGI DENGAN METODE SERVO ANALYSIS (STUDI KASUS PADA PT. ANEKA CIPTA TOTAL SOLUSINDO)

Vania Christiana Lie(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Di masa kini, penggunaan teknologi informasi dalam dunia bisnis semakin meningkat. Teknologi informasi sangat membantu para pengusaha dalam pengelolaan bisnis. PT. Aneka Cipta Total Solusindo adalah salah satu perusahaan yang berbisnis dalam industri informasi teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis strategi dan mengetahui hasil evaluasi strategi PT. Aneka Cipta Total Solusindo dengan menggunakan SERVO analysis. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode wawancara. Penentuan narasumber wawancara menggunakan teknik purposive sampling. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Data yang didapat kemudian diuji keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber. Dari hasil penelitian, saat ini PT. Aneka Cipta Total Solusindo menggunakan differentiation strategy sebagai strategi bisnis, yang memiliki ciri fokus pada produk jasa berbeda, berciri khas, biaya produksi tinggi, dan target pasar menengah ke atas. Berdasarkan SERVO analysis, strategi fokus diferensiasi yang digunakan perusahaan saat ini masih revelan dengan kondisi persaingan, dengan sebagian besar elemen mendapat penilaian tight fit dan normal fit. Perusahaan membutuhkan beberapa hal sebagai perbaikan agar dapat meningkatkan kinerja dan berkembang di masa mendatang.

Keywords


Evaluasi Strategi, Analisis SERVO

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.