STUDI DESKRIPTIF KRITERIA PEMILIHAN SUKSESOR DAN PROSES MENTORING PADA PERUSAHAAN AIR MINUM DALAM KEMASAN

James Damar HC Gunawan(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Suatu perusahaan keluarga mempunyai kontribusi yang sangat besar ter­hadap perekonomian di dunia. Salah satu isu yang paling mem­pengaruhi keberlangsungan dari perusahaan keluarga adalah perencanaan suksesi. Penelitian ini akan membahas mengenai perencanaan suksesi sebuah perusahaan keluarga dengan melihat pada aspek kriteria pemilihan suksesor dan proses mentoring kepada calon suksesor di subjek penelitian. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan meng­gunakan teknik pengumpulan data wawancara. Teknik penetapan narasumber yang digunakan adalah metode purposive sampling serta uji keabsahan data dengan triangulasi sumber. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses pemilihan suksesor telah berjalan dengan baik dengan berbasis pada kemampuan, kepemimpinan, dan motivasi dari calon suksesor. Proses mentoring yang ditujukan kepada calon suksesor terdiri dari proses transfer pengetahuan, pembelajaran dan pengembangan, serta evaluasi mentoring. Sela­ma proses mentoring berlangsung calon suksesor juga menunjukkan ki­nerja yang positif dengan pencapaian target perusahaan.

 


Keywords


Perencanaan suksesi, Kriteria pemilihan suksesor, Proses mentoring

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.