STUDI DESKRIPTIF KRITERIA PEMILIHAN SUKSESOR DAN PROSES MENTORING PADA PERUSAHAAN AIR MINUM DALAM KEMASAN
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Suatu perusahaan keluarga mempunyai kontribusi yang sangat besar terhadap perekonomian di dunia. Salah satu isu yang paling mempengaruhi keberlangsungan dari perusahaan keluarga adalah perencanaan suksesi. Penelitian ini akan membahas mengenai perencanaan suksesi sebuah perusahaan keluarga dengan melihat pada aspek kriteria pemilihan suksesor dan proses mentoring kepada calon suksesor di subjek penelitian. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara. Teknik penetapan narasumber yang digunakan adalah metode purposive sampling serta uji keabsahan data dengan triangulasi sumber. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses pemilihan suksesor telah berjalan dengan baik dengan berbasis pada kemampuan, kepemimpinan, dan motivasi dari calon suksesor. Proses mentoring yang ditujukan kepada calon suksesor terdiri dari proses transfer pengetahuan, pembelajaran dan pengembangan, serta evaluasi mentoring. Selama proses mentoring berlangsung calon suksesor juga menunjukkan kinerja yang positif dengan pencapaian target perusahaan.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.