INOVASI BISNIS MODEL PADA ES PUTER X DI SURABAYA

Randy Sugiartha(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah memetakan bisnis model kanvas pada es puter X dan membuat bisnis model kanvas baru dengan menggunakan alat bantu SWOT dan kerangka kerja empat tindakan blue ocean strategy pada es puter X sehingga perusahaan dapat berkembang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dalam penentuan narasumber menggunakan purposive sampling, dan untuk menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah segmen pelanggan es puter X, secara geografik di Surabaya dan Sidoarjo, secara demografik segmen anak-anak dengan umur 7-14 tahun dan keluarga. Kedua segmen tersebut memiliki proposisi berbeda dimana anak-anak memiliki proposisi nilai pada desain yaitu lucu, menarik, memiliki hadiah tambahan dan sifat newness yaitu enak, banyak varian rasa, dan sehat, proposisi nilai dengan sifat newness juga dimiliki oleh segmen keluarga. Dengan distribusi produk melalui mitra dan juga penjual keliling yang memiliki pendekatan personal assistance. Aliran pemasukan perusahaan melalui penjualan asset saja yaitu es puter. Perusahaan memiliki aktifitas kunci yaitu pengadaan bahan baku, pembuatan produk, penjualan barang, pengiriman barang dan penentuan mitra. Sedangkan sumber daya kunci dari perusahaan adalah sumber daya manusia, fasilitas dan jaringan distribusi. Mitra perusahaan adalah kantin SD-SMP, tradisional retailer, EO, dan depot makan. Struktur biaya perusahaan yaitu dengan value driver yang dibagi menjadi biaya tetap dan biaya variable.

Keywords


bisnis model kanvas, inovasi bisnis model, SWOT, kerangka kerja empat tindakan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.