STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PADA DEPOT BLESSING DI KUPANG, NUSA TENGGARA TIMUR

Stanly Sanjaya(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia sangat pesat. Hanya saja peningkatan jumlah gerai UMKM yang dibuka juga diikuti dengan penurunan jumlah UMKM yang tidak dapat bertahan dalam jangka panjang. Penelitian ini dilakukan pada Depot Blessing , sebagai salah satu UMKM yang bergerak di bidang industri makan di kota Kupang. Penelitian ini dimaksudkan untuk menyusun rencana pengembangan usaha bagi Depot Blessing. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpualan data melalui wawancara semi terstruktur kepada informan yang telah ditentukan dengan metode purposive sampling. Data yang diperoleh diuji validitasnya dengan menggunakan metode trianggulasi sumber. Analisa internal dan eksternal perusahaan berdasarkan fungsi bisnis dan Five Porter Analysis, kemudian dianalisa menggunakan analisa SWOT. Hasil dari analisa SWOT akan menentukan alternatif strategi yang sesuai untuk pengembangan Depot Blessing. Penyusunan strategi pengembangan akan dilakukan pada setiap fungsi bisnis Depot Blessing seperti melakukan penambahan tenaga kerja, membuka gerai baru, dan memperbaiki fungsi bisnis internalnya. Selain itu dibutuhkan aktivitas promosi lain untuk meningkatkan pemasaran dari depot Blessing. Pengiklanan melalui koran dan pembagian selebaran dapat menjadi alternatif media promosi yang dapat dilakukan. 


Keywords


Pengembangan Usaha, Industri Makanan dan Minuman, Rencana Kerja

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.