STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PADA PERUSAHAAN KECAP CAP TAWON MADU DI BOJONEGORO (STUDI KASUS PADA ASPEK PEMASARAN)

Ricky Prayitno(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Ketatnya persaingan bisnis mengharuskan perusahaan untuk mengembangkan dan memilih strategi yang tepat. Khususnya pada pemasaran, banyak perusahaan yang hanya mengandalkan keunggulan produk saja, tetapi tidak melihat pangsa pasar dan strategi memasarkan produk. Perusahaan Kecap Cap Tawon Madu merupakan perusahaan yang bergerak dibidang komoditi kecap. Peneliti membahas studi pada aspek pemasaran pada Kecap Cap Tawon Madu, menganalisis lingkungan internal dan ekstenal perusahaan, dan strategi pemasaran segmenting, targeting dan positioning. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode wawancara. Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan, disimpulkan bahwa pengelolaan internal Perusahaan Kecap Cap Tawon Madu masih terdapat beberapa fungsi manajemen yang belum dijalankan dengan baik, seperti fungsi keuangan yang masih memerlukan perbaikan dalam mengatur keuangan dan fungsi sumber daya manusia perlu dilakukan perincian serta pembagian tugas lebih lanjut. Pada analisa lingkungan eksternal terdapat peluang dan ancaman dari kompetitor yang bersaing harga, sehingga perusahaan perlu menyusun strategi baru. Strategi segmenting, targeting, dan positioning di perusahaan Kecap Cap Tawon Madu memfokuskan pada segmen pengusaha dengan status ekonomi menengah kebawah.

Keywords


Segmentasi, Target Pasar, Posisi Pasar, SWOT

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.