PERUMUSAN STRATEGI SAMUDRA BIRU PADA PERUSAHAAN SEPATU DI PASURUAN

Kevin Giovanni Hardi(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tantangan yang harus dihadapi setiap perusahaan adalah perusahaan harus mampu mempertahankan usahanya agar tetap eksis dan berkembang di pasar dan harus mampu berinovasi. Penelitian bertujuan merumuskan strategi samudra biru sebagai strategi keunggulan kompetitif pada perusahaan sepatu di Pasuruan. Penelitian yang dilakukan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan narasumber dalam penelitian ini dilakukan dengan cara purposive sampling. Jenis data yang digunakan ada dua yaitu data primer dan data sekunder. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan strategi samudra biru sebagai strategi keunggulan kompetitif pada perusahaan sepatu di Pasuruan dapat dilakukan dengan cara melakukan inovasi pada produk sepatu yang dihasilkan. Inovasi produk yang dapat dilakukan perusahaan adalah dengan membuat menciptakan sepatu lukis. Untuk meningkatkan penjualan produk sepatunya maka hendaknya manajemen dapat membuka outlet atau counter sendiri agar pasar lebih mengenal produk perusahaan dan memudahkan konsumen dalam mendapatkan produknya.


Keywords


Strategi Samudra Biru, Perumusan Strategi, Inovasi Produk

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.