MODEL STRUKTURAL SEDERHANA UNTUK PENENTUAN INTENSI ADOPSI PRODUK KOSMETIK DENGAN CONSUMER INNOVATIVENESS SEBAGAI INTERVENING VARIABLE

Meicylia Wijaya(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Saat ini inovasi masih dinilai sebagai alat penting untuk meningkatkan pertumbuhan dan mencapai keunggulan kompetitif perusahaan. Namun, inovasi yang dilakukan selalu lekat dengan fenomena kegagalan dan keberhasilan. Fenomena ini dipengaruhi oleh penilaian konsumen akan atribut inovasi yang pada akhirnya akan mempengaruhi intensi adopsi mereka atas inovasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung atribut inovasi terhadap intensi adopsi melalui consumer innovativeness sebagai intervening variable. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada konsumen perempuan di daerah Pengampon, Surabaya. Analisa data menggunakan teknik Structural Equation Modeling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut inovasi memiliki pengaruh langsung dan tidak langsung terhadap intensi adopsi. Pengaruh langsung yang terjadi memiliki arah pengaruh negatif karena adanya atribut inovasi yang tidak memenuhi harapan konsumen sehingga kurang mendorong intensi adopsi mereka. Di sisi lain, pengaruh tidak langsung atribut inovasi terhadap intensi adopsi terjadi melalui consumer innovativeness.

Keywords


Consumer Innovativeness, Intensi Adopsi, Model Struktural

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.