PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN DI SURABAYA

Elia Quanta Nanda(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Di era globalisasi seperti sekarang ini, pembangunan usaha khususnya di bidang industri makanan dan minuman berlangsung cepat. Banyak bermunculan usaha – usaha baru khususnya produsen dalam industri makanan dan minuman baik dalam skala kecil, menengah, hingga skala besar, oleh karena itu selaku pengusaha yang bergerak dalam industri makanan dan minuman harus memperhatikan variabel - variabel yang berpengaruh terhadap kinerja bisnis perusahaanya. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dimensi – dimensi dalam orientasi kewirausahaan berpengaruh terhadap kinerja bisnis perusahaan, baik secara serentak maupun secara parsial, Selain itu penelitian ini juga dimaksudkan untuk mengetahui variabel mana yang paling berpengaruh pada kinerja bisnis perusahaan - perusahaan yang bergerak dalam industri makanan dan minuman di Surabaya.  Metode pengolahan data menggunakan validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, dan analisa statistik deskriptif, sedangkan metode analisis data yang dipakai adalah teknik korelasi pearson dan analisis regresi berganda. Data yang dioalah didapat dari hasil survey melalui kuesioner. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ketiga dimensi yaitu inovatif, proaktif, dan risk  taking memiliki pengaruh pada kinerja bisnis perusahaan. Terutama dalam aspek keuangan, aspek sumber daya manusia, dan aspek pemasaran.

Keywords


Orientasi Kewirausahaan, Inovatif, Proaktif, Risk Taking, Kinerja Bisnis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.