ANALISIS VALUE INNOVATION PADA PT.WIJAYA PANCA SENTOSA FOOD MELALUI STRATEGI BLUE OCEAN

Andyka Kurniawan(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Kondisi persaingan bisnis bisnis pada industri food and baverage saat ini mengalami perkembangan yang semakin pesat. Salah satu industri makanan food and baverage yang saat ini mulai berkembang adalah perusahaan produksi mie kering Surabaya Salah satu cara meningkatkan kemampuan perusahaan serta menciptakan segmen pasar tersendiri adalah dengan memberikan inovasi nilai/value innovation. Inovasi nilai merupakan batu pijak dari blue ocean strategi yang memberikan penekanan setara pada nilai dan inovasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui : apakah strategi yang digunakan perusahaan produksi mie kering dapat menghasilkan utilitas (manfaat) bagi konsumen; apakah strategi yang digunakan perusahaan produksi mie kering  dapat menghasilkan harga yang dapat bersaing dengan competitor;dan apakah strategi yang digunakan perusahaan produksi mie kering dapat mengoptimalisasi biaya operasional. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah perusahaan produksi mie kering dengan objek penelitian Blue Ocean Strategy. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara dan observasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan uji triangulasi. Sedangkan teknisi analisis data meliputi kanvas strategi, kerangka kerja empat langkah, merumuskan strategi samudra biru, dan mengeksekusi strategi samudra biru. Hasil kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah : Strategi yang digunakan perusahaan produksi mie kering dapat menghasilkan utilitas (manfaat) bagi konsumen dan dapat menghasilkan harga yang dapat bersaing dengan competitor serta dapat mengoptimalisasi biaya operasional.

Keywords


Blue Ocean Strategy, Value Innovation, Manfaat, Harga, Biaya Operasional

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.