STUDI DESKRIPTIF PENGELOLAAN USAHA PERCETAKAN PADA PERUSAHAAN KELUARGA CV. SATRIO AGUNG SURABAYA (RENCANA PENGEMBANGAN FUNGSI PRODUKSI DAN OPERASIONAL)

Kurniawan Sidarta(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan perusahaan keluarga CV. Satrio Agung Surabaya, mendeskripsikan lingkungan internal dan eksternal perusahaan, melakukan analisis SWOT dan memformulasikan strategi pengembangan usaha.

Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa CV. Satrio Agung Surabaya senantiasa menjalankan fungsi planning, organizing, actuating, dan controlling pada aspek sumber daya manusia, kegiatan pemasaran, keuangan, dan kegiatan operasional. Berdasarkan hasil analisis kondisi internal yang telah dilakukan dapat diketahui kekuatan dan kelemahan perusahaan dan analisis lingkungan eksternal dapat diketahui peluang dan ancaman bagi perusahaan. Hasil analisis SWOT dan formulasi strategi menunjukan bahwa strategi pengembangan produk perlu diterapkan dalam rencana pengembangan fungsi produksi dan operasional.


Keywords


Pengelolaan Usaha, Lingkungan Internal dan Eksternal, SWOT.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.