ANALISA TAHAPAN INOVASI PADA PRODUK MINUMAN SARI KEDELAI SOY FUSION

Elliana Kusumaningrum Limanto(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa tahapan inovasi produk pada minuman susu kedelai Soy yaitu lahirnya gagasan, penyaringan ide, pengembangan dan pengujian konsep, pengembangan strategi pemasaran, analisis bisnis, pengembangan produk, pengujian pasar, dan komersialisasi. Metode penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur dan pengamatan. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dengan membandingkan hasil wawancara dengan data dan pengamatan yang terkait. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa gagasan dilahirkan dari internal dan eksternal perusahaan. Terdapat empat produk minuman susu kedelai dengan kombinasi sayur bayam, wortel dan buah naga serta cookies es krim. Target potensial ibu rumah tangga dan anak muda yang gemar mencoba hal baru dan peduli akan kesehatan. Dalam penetapan strategi pemasaran digunakan strategi bauran pemasaran. Untuk pengujian pasar dilakukan uji gelombang penjualan. Komersialisasi produk dilakukan di Toko Mitra Sidoarjo dan via delivery service untuk wilayah Surabaya.


Keywords


Tahapan Inovasi Produk, Bauran pemasaran, Susu Kedelai, Soy Fusion.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.