FORMULASI STRATEGI BERSAING PT. MANDIRI TANGGUH LAKSANA

Deviana Sukiwun(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi bersaing yang sesuai bagi PT. Mandiri Tangguh Laksana dalam menghadapi persaingan di industri melamin. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara dengan beberapa informan PT. Mandiri Tangguh Laksana. Uji keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi, sedangkan analisis data dilakukan dalam tahap reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan data. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT melalui lingkungan internal berdasarkan fungsi bisnis dan lingkungan eksternal berdasarkan lima kekuatan Porter. Berdasarkan penelitian terhadap analisis lingkungan internal, dapat disimpulkan bahwa fungsi pemasaran memadai, fungsi produksi atau operasi cukup memadai, sedangkan fungsi keuangan dan sumber daya manusia masih belum memadai. Berdasarkan penelitian terhadap analisis lingkungan eksternal, dapat disimpulkan bahwa ancaman pendatang baru dan ancaman produk pengganti lemah, sedangkan kekuatan tawar menawar pembeli, kekuatan tawar menawar pemasok, dan tingkat persaingan di antara pesaing kuat. Strategi bersaing yang dapat diterapkan perusahaan adalah strategi kepemimpinan biaya - biaya rendah untuk mencapai penawaran harga yang lebih terjangkau.

Keywords


strategi bersaing, analisa SWOT, lingkungan internal, lingkungan eksternal.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.