FORMULASI STRATEGI BERSAING PADA HOTEL ISTANA TULUNGAGUNG

Yeny Purnamasari(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memformulasikan strategi bersaing yang tepat untuk Hotel Istana sehingga perusahaan mampu unggul dalam kompetisi di pasar. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara secara mendalam. Penentuan informan dilakukan dengan menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Penelitian dilakukan dengan menganalisa lingkungan internal melalui fungsi bisnis dan analisa eksternal melalui lima kekuatan Porter, yang kemudian dianalisa menggunakan alat analisa SWOT, dimatrikskan sehingga akan menghasilkan beberapa alternatif strategi bersaing untuk Hotel Istana. Dari hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa strategi bersaing yang tepat untuk diterapkan oleh perusahaan saat ini adalah strategi intensif melalui penetrasi pasar yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan melalui pemasaran yang lebih gencar. Strategi ini kemudian diwujudkan dalam bentuk tujuan tahunan dan kebijakan-kebijakan yang dapat ditempuh oleh Hotel Istana untuk mampu bersaing dalam industri perhotelan di Tulungagung.

Keywords


Analisa lingkungan internal, analisa lingkungan eksternal, strategi bersaing.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.