ANALISA DESKRIPTIF INOVASI PADA RON’S LABORATORY SURABAYA

Marcellina Wijaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan-tahapan inovasi produk pada Ron’s Laboratory dan untuk melihat ada atau tidaknya inovasi proses pada Ron’s Laboratory. Inovasi produk dilihat dari tahapan-tahapan pengembangan produk mulai dari pemunculan ide, penyaringan ide, analisa bisnis, pengembangan, pengujian, dan yang terakhir komersialisasi. Untuk mengetahui ada tidaknya inovasi proses dapat dilihat dari supply chain manufacture yang berawal dari supplier, manufacture, warehouse, distribution, retail hingga sampai pada consumer. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara. Metode penelitian yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan yang dilalui pada inovasi produk adalah munculnya ide yang berasal dari tren. Kemudian ide-ide yang ada dipilih berdasarkan perayaan hari tertentu. Langkah selanjutnya memprediksi dampak finansial dan dari ide yang ada diubah menjadi produk nyata. Selanjutnya produk diuji dengan membagikan sample produk kepada konsumen dan setelah mendapat respon positif produk akan dijual. Untuk hasil penelitian pada inovasi proses, Ron’s Laboratory sudah melakukan inovasi proses.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.