FORMULASI STRATEGI BERSAING PADA PT. XYZ

Sheilla Amelinda(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Konsumsi Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) di Indonesia terus mengalami pertumbuhan tiap tahunnya. Sementara itu terdapat banyak merek AMDK yang beredar di pasar. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan alternatif strategi bersaing yang sesuai digunakan oleh PT. XYZ dalam menghadapi persaingan di industri Air Minum Dalam Kemasan (AMDK). Jenis penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif. Teknik penentuan informan yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara terhadap para informan. Uji kredibilitas yang digunakan adalah triangulasi sumber. Teknik analisis data dengan cara penyajian data dan penarikan kesimpulan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis SWOT melalui lingkungan internal berdasarkan fungsi bisnis dan lingkungan eksternal berdasarkan lima kekuatan Porter. Mengacu pada hasil penelitian, alternatif strategi bersaing yang tepat adalah strategi SO (perluasan jalur distribusi dengan penambahan titik-titik depo untuk meningkatkan service level dan penetrasi pasar serta peningkatan market share dengan mengakuisisi perusahaan AMDK yang memiliki kapasitas lebih rendah). Penerapan strategi intensif yaitu pengembangan pasar dan integrasi horisontal sesuai untuk kebutuhan perusahaan untuk memperluas jalur distribusi dan meningkatkan market share.

Keywords


lingkungan eksternal, lingkungan internal, strategi bersaing, SWOT

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.