IMPLEMENTASI SISTEM MANAJEMEN KUALITAS HOTEL X DARI PERSPEKTIF ISO 9001:2008

Melia Valentina Wijoyo(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Sertifikasi ISO 9001:2008 berperan penting dalam ki­ner­ja suatu bisnis. Hotel X masih belum mem­per­oleh sertifikasi ter­sebut, pa­dahal beberapa anak cabang dari Hotel pusat sudah mem­­per­o­leh­nya. Penelitian ini ber­tujuan untuk mendes­krip­si­kan ben­tuk-bentuk tang­gung jawab manajemen, ma­na­jemen sum­­ber da­ya, proses rea­li­sa­si pro­duk, pe­ngu­ku­ran, analisis dan per­baikan pada Ho­tel X. Se­la­in itu, pene­li­ti­an juga dilakukan un­tuk mengetahui se­ja­uh mana im­ple­­men­ta­si sistem mana­je­men kualitas di Hotel X. Je­nis pe­ne­litian yang digunakan dalam pe­ne­litian ini adalah kualitatif des­­krip­tif. Tek­nik pe­ngum­pu­lan da­ta dilakukan melalui wawan­ca­ra dan ob­ser­va­si. Data yang di­per­oleh akan di­ uji ke­ab­sahan-nya meng­gunakan tri­a­ngu­lasi sum­­ber dan teknik, di­ma­na pe­neliti mem­­ban­ding­kan data yang te­lah diperoleh dari in­forman dan hasil ob­servasi untuk me­nge­cek kebenaran da­ta. Hasil pe­ne­li­ti­an menun­juk­kan bah­wa sis­tem manaje­men ku­a­litas di Hotel X se­ca­ra formal sudah di­la­ku­kan tetapi im­ple­mentasi secara faktual masih belum sepe­nuh­nya berjalan sesuai prosedur. Oleh ka­re­na itu, organisasi perlu mem­bentuk tim kua­litas khusus dan se­cara rutin me­ng­­i­ngatkan kar­­ya­wan ten­tang pen­tingnya mengikuti aturan yang telah di­te­tap­kan.


Keywords


Sistem Manajemen Kualitas, Tanggung Ja­wab Manajemen, Manajemen Sumber Daya, Realisasi Pro­­duk, Pengukuran, Analisis dan Perbaikan, ISO 9001:2008

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.