FORMULASI STRATEGI BISNIS PADA HOTEL CELEBES INDAH DI MAKASSAR

Edwina Ardi Putri(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Formulasi strategi bisnis diperlukan untuk menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk memformulasikan strategi bisnis pada Hotel Celebes Indah menggunakan pendekatan Resource Based View, pendekatan Porter’s Five Forces dan Matriks SWOT. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data adalah wawancara. Hasil yang diperoleh menunjukkan alternatif strategi yang bisa dirumuskan adalah mempertahankan konsumen dengan memberikan pelayanan yang memuaskan dan memperkuat dan memperluas hubungan kerjasama dengan pemerintah dan perusahaan swasta (SO), meningkatkan kualitas pelayanan menjadi semakin baik dengan melakukan kontrol rutin dan melakukan promosi yang belum pernah dilakukan dengan membuat website (ST), memperbaiki dan menambah fasilitas hotel (WO), bekerja sama dengan hotel lain dalam mengembangkan fasilitas hotel yang belum ada (WT).

Keywords


Formulasi strategi, , Matriks SWOT, Resource Based View

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.