ANALISA PENGEMBANGAN USAHA PADA UD.BUDI VENEER (STUDI KASUS PADA ASPEK PEMASARAN)

Nathasia Sally Darmawan(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Analisa terhadap faktor lingkungan internal dan eksternal pada suatu usaha berguna untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Sehingga dapat diketahui hal-hal yang mempengaruhi dalam pengembangan suatu usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhi UD.Budi Veneer. Sehingga dapat disusun strategi alternatif melalui alat SWOT yaitu matrix SWOT. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, studi pustaka, pengamatan atau observasi. Penentuan narasumber menggunakan teknik purposive sampling. Keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber.

Dari hasil Penelitian, UD.Budi Veneer memiliki beberapa kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang saling berkaitan. Peneliti mencoba membuat strategi yang sesuai dengan matrix SWOT untuk pengembangan usaha pada aspek pemasaran yaitu strategi SO dengan melakukan perluasan pasar dengan melakukan pengenalan produk terlebih dahulu ke wilayah yang dituju yaitu wilayah Jawa Barat karena berdasarkan BPS provinsi Jawa Barat 2013, industri furniture di wilayah Jawa Barat mengalami peningkatan. Sehingga ada peluang untuk melakukan perluasan pasar ke daerah tersebut

Keywords


Analisa lingkungan internal, analisa lingkungan eksternal, matrix SWOT, pengembangan usaha.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.