PROSES INOVASI MINUMAN KOPI PADA KAFE MONOPOLE

hb alan suryajaya(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Di dalam usaha  kafe spesialis kopi di Surabaya masih sedikit orang yang dapat menerima minuman kopi murni seperti di monopole. Itu sebabnya perlu ada inovasi secara terus menerus untuk bertahan dalam dunia persaingan, seperti salah satunya kafe monopole yang melakukan inovasi proses produk minuman kopi agar masyarakat sekitar dapat menerima minuman kopi tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tahapan pengembangan produk baru di monopole dan mengetahui faktor atau atribut yang membedakan minuman kopi di monopole dan tempat lain.

 Metode yang digunakan kualitatif untuk memberikan informasi yang komprehensif kepada peneliti, teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan metode pengumpulan data menggunakan purposive sampling. Lalu menggunakan uji triangulasi untuk mengetahui data valid atau tidak. Hasil penelitian menunjukan bahwa  inovasi proses produk yang dilakukan kafe monopole berbeda dengan pesaing yang melakukan pembuatan minuman kopi dengan instan, tetapi di monopole ini dalam pembuatan minuman kopi dengan melewati banyak langkah. Sedangkan atribut produk yang membuat beda dengan pesaing lain adalah rasa dan warna kopi, dimana warna kopi tidak berwarna hitam seperti kebanyakan kopi melainkan memiliki warna merah kecoklatan, dan  rasa kopi di monopole tidak hanya rasa pahit yang terasa, tetapi terdapat rasa asam dan kecut

   

Keywords


Produk, Inovasi, Tahap Pengembangan Produk Baru, Core Product, Augment Product

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.