EVALUASI MODEL BISNIS PADA PERUSAHAAN X MENGGUNAKAN BUSINESS MODEL CANVAS

Melina Setijawibawa(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi model bisnis dengan business model canvas di perusahaan X yang bergerak di bidang support system. Evaluasi dilakukan di setiap elemen business model canvas yaitu customer segments, value propositions, channels, customer relationships, revenue streams, key resources, key activities, key partnerships,  dan  cost structure. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara. Metode penelitian adalah analisa deskriptif kualitatif. Dari hasil analisis SWOT dapat diketahui elemen model bisnis yang dapat dikembangkan lagi dalam perusahaan. Perusahaan dapat difokuskan pada member MLM di setiap peringkat jabatan mereka, mengembangkan layanan khusus untuk pelanggan dengan memberikan discount pada pelanggan yang membeli dalam jumlah besar, mengembangkan bisnisnya dengan menyediakan persewaan alat dalam penunjang acara-acara MLM agar mendapatkan pemasukan tambahan, tidak hanya dari penjualan produk saja. Penekanan biaya dapat dilakukan dengan pemesanan produk yang tergolong laris dalam jumlah besar.

Keywords


Evaluasi, analisis SWOT, model bisnis, business model canvas

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.