PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN USAHA PENGANGKUTAN DARAT PADA PT. MEGA SAMUDRATAMA DI SURABAYA (RENCANA PENGEMBANGAN FUNGSI OPERASIONAL)

Ardina Budiharsana(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan usaha, menganalisis keadaan lingkungan internal dan eksternal, melakukan analisis SWOT, serta merumuskan alternatif strategi pengembangan fungsi operasional PT Mega Samudratama di Surabaya. PT Mega Samudratama adalah perusahaan keluarga yang bergerak di bidang jasa pengangkutan darat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan perusahaan yang terdiri atas Planning, Organizing, Actuating, Controlling sudah berjalan dengan baik. Berikutnya mengenai analisis lingkungan internal yang terdiri atas empat aspek, yaitu pemasaran, operasional, SDM, dan keuangan. Hasil analisis lingkungan internal menunjukkan manajemen perusahaan sudah berjalan dengan baik. Analisis keadaan lingkungan eksternal menggunakan Porter’s Five Force Analysis untuk mendapatkan berbagai ancaman dan peluang. Hasil lingkungan eksternal yaitu perusahaan memiliki posisi kompetitif yang cukup kuat karena potensi pendatang baru lemah, tidak ada produk substitusi, dan daya tawar konsumen rendah. Untuk mendapatkan alternatif strategi, digunakan analisis SWOT, dengan cara me-matching-kan input yang berasal dari analisa lingkungan internal  dan eksternal. Berdasarkan kombinasi antara matriks SWOT dan matriks Grand Strategy, didapat strategi pengembangan usaha,l yaitu penetrasi pasar.


Keywords


pengelolaan usaha, lingkungan internal, lingkungan eksternal, SWOT, matriks Grand Strategy, penetrasi pasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.