ANALISIS KRITERIA PEMILIHAN SUKSESOR DAN MENTORING PADA PERUSAHAAN JAMU DI JAWA TENGAH
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Bisnis keluarga merupakan bisnis yang paling dominan dan memberikan kontribusi yang besar bagi perekonomian suatu negara. Isu utama dari sebuah bisnis keluarga adalah succession planning. Tidak sedikit perusahaan keluarga yang mengalami kegagalan dalam perencanaan suksesi. Oleh karena itu, penelitian ini memfokuskan pada bagaimana perencanaan suksesi sebuah perusahaan keluarga yang mampu mencapai generasi keempat, dengan melihat pada aspek pemilihan suksesor dan proses mentoring yang dilakukan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Keabsahan data dari penelitian ini diuji menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan pada hasil penelitian, proses pemilihan suksesor telah dilakukan dengan baik dengan berbasis pada aspek kepemimpinan, kemampuan, motivasi, dan kepribadian. Proses mentoring yang ditujukan kepada suksesor berupa proses immersion keterlibatan langsung) dan coaching (pendampingan), yang menitikberatkan pada pengembangan sosial-emosional, kognitif, dan identitas. Pada proses mentoring itu pula, terjadi hubungan timbal balik yang baik antara suksesor dengan mentor, sehingga proses tersebut dapat berjalan dengan lancar.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.