ANALISIS KRITERIA PEMILIHAN SUKSESOR DAN MENTORING PADA PERUSAHAAN JAMU DI JAWA TENGAH

Maya Donanto(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Bisnis keluarga merupakan bisnis yang paling dominan dan memberikan kontribusi yang besar bagi perekonomian suatu negara. Isu utama dari sebuah bisnis keluarga adalah succession planning. Tidak sedikit perusahaan keluarga yang mengalami kegaga­lan dalam perencanaan suksesi. Oleh karena itu, peneliti­an ini memfokuskan pada bagaimana perencanaan suksesi sebuah perusahaan keluar­ga yang mampu mencapai generasi keempat, dengan melihat pada aspek pemilihan suksesor dan proses mentoring yang dilakukan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Keabsahan data dari penelitian ini diuji menggunakan triangulasi sumber. Berda­sar­kan pada hasil penelitian, proses pemi­li­han suksesor telah dilakukan dengan baik dengan berbasis pada aspek kepemimpi­nan, kemampu­an, motivasi, dan kepribadian. Proses mentoring yang ditujukan kepada suksesor berupa proses immersion keterlibatan langsung) dan coaching (pendampingan), yang menitikberatkan pada pengem­ba­ngan sosial-emosional, kognitif, dan identitas. Pada proses mentoring itu pula, terjadi hubungan timbal balik yang baik antara suksesor dengan mentor, sehingga proses tersebut dapat berjalan dengan lancar.

   

Keywords


Perusahaan Keluarga, Kriteria Pemilihan Suksesor, Mentoring

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.