PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN BISNIS PERDAGANGAN AKSESORIS MOBIL PADA PT. ABC SURABAYA

Novia Gunadi(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


PT. ABC merupakan salah satu perusahaan keluarga yang bergerak dibidang perdagangan aksesoris mobil. Meskipun perusahaan dapat dikatakan skala  besar, namun sistem dan struktur dalam perusahaan belum tertata dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan bisnis perdagangan aksesoris mobil oleh sebuah perusahaan keluarga. Menganalisis kondisi lingkungan eksternal dan internal bisnis perdagangan aksesoris mobil dan menganalisis SWOT, kemudian menyusun rencana pengembangan bisnis perdagangan aksesoris mobil pada PT. ABC. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskripsi kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Sementara metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa PT. ABC sebagai perusahaan keluarga masih belum secara konsisten menerapkan fungsi-fungsi manajemen seperti planning, organizing, actuating, dan controlling dalam setiap fungsi bisnis perusahaan. Kekuatan jalur distribusi dan brand image yang dimiliki perusahaan belum dimanfaatkan secara optimal untuk menggarap peluang pasar aksesoris mobil yang sedang ramai. Sementara ancaman terbesar datang dari banyaknya produk substitusi dan kelemahan yang perlu segera diatasi adalah tidak adanya tenaga pemasar di perusahaan. Rencana pengembangan bisnis perdagangan aksesoris mobil yang diusulkan agar dapat memperbesar skala usaha adalah dengan strategi SO yaitu menggunakan kekuatan yang ada untuk memanfaatkan peluang yang ada.


Keywords


Manajemen, Pengembangan, Perdagangan, Aksesoris Mobil, Perusahaan Keluarga

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.