DAMPAK INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN (STUDI KASUS PADA PELUNCURAN PRODUK BARU DALAM INDUSTRI ROKOK)

Billy Rubianto Irawan

Abstract


Industri rokok di Indonesia memiliki pasar yang luas karena pasar rokok di Indonesia merupakan yang terbesar ketiga di Asia. Dalam industri dengan pasar yang luas dan penuh persaingan, salah satu solusi untuk terus bertahan di pasar adalah dengan melakukan inovasi, subjek dari penelitian ini adalah PT.123, yaitu salah satu dari tiga perusahaan rokok terbesar di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur seberapa besar dampak yang ditimbulkan oleh Inovasi produk yang dilakukan oleh PT.123 melalui produkĀ  X, dengan menggunakan indikator penjualan dan pangsa pasar, penelitian dilakukan pada wilayah Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, sumber data yang digunakan berasal dari data primer dan sekunder, pengumpulan data untuk analisa menggunakan media wawancara, dan hasil wawancara kemudian diuji menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi produk yang dilakukan oleh PT.123 melalui produk X memberikan dampak yang cukup berpengaruh terhadap penjualan, namun secara pangsa pasar tidak memberikan dampak yang besar.

Keywords


Inovasi, Produk Baru, Kinerja Pemasaran, Industri Rokok.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.