ANALISIS IMPLEMENTASI TRANSFERING VALUES ANTAR GENERASI PADA SEBUAH FAMILY BUSINESS DI SURABAYA
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Ada mitos yang selalu muncul pada perusahaan keluarga, yaitu “generasi pertama membangun, generasi kedua menikmati, dan generasi ketiga menghancurkan”. Mitos ini diduga muncul akibat proses transfer nilai yang tidak sempurna antar generasi. Nilai dapat menjadi pedoman untuk pengambilan keputusan. Jika perusahaan mempunyai nilai-nilai yang kuat, maka karyawan akan bekerja sama untuk mewujudkan visi dan misi perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi secara langsung di lingkungan perusahaan. Penentuan informan menggunakan metode purposive sampling. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, yaitu membandingkan hasil wawancara dengan observasi. Hasil penelitian antara lain, proses transfer nilai dari perusahaan masih belum sepenuhnya terlaksana dengan baik. Dari core value, indikator Sumber Daya Manusia sudah tertransfer dengan baik. Sedangkan indikator manajemen dan kebijakan belum tertransfer dengan baik. Indikator core belief, masih belum tertransfer dengan baik.
Keywords
Value, Transfering Value, Family Business, Suksesi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.