PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN BISNIS GARMENT PADA INDO GARMENT SURABAYA

Anthony Wibowo Ekawardhana(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan di Indo Garment Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan fungsi sumber daya manusia, produksi dan operasi, keuangan, pemasaran, dan sistem informasi manajemen pada Indo Garment, menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal pada Indo Garment, dan menyusun rencana pengembangan bisnis pada Indo Garment. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, sedangkan pengujian keabsahan datanya menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pada Indo Garment masih sangat sederhana dan lebih terpusat kepada bagian produksi. Hal ini dapat dilihat dari pembagian tugas dan peran dari masing-masing karyawan yang hanya berdasarkan keahliannya masing-masing di mana semua karyawan Indo Garment berada pada bagian produksi. Untuk mengembangkan bisnisnya, Indo Garment harus memperhatikan beberapa aspek, yaitu pengembangan terhadap alat-alat produksi, modal kerja dan investasi, pengembangan jumlah pemasok, dan jumlah SDM yang akan menangani.

Keywords


Pengelolaan dan Pengembangan, Strategi Bisnis, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.