PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN USAHA PADA BELVIA MINI PIE

Fransisca Astrina Wijayanto(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan pengelolaan usaha pada Belvia Mini Pie, merumuskan dan menyusun strategi yang sesuai untuk pengembangan usaha menggunakan analisa SWOT sebagai alat. Belvia Mini Pie merupakan sebuah perusahaan keluarga yang bergerak dalam industri makanan ringan dengan produknya kue pie.

Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif menggunakan metode studi kasus dengan tujuan untuk memperoleh dan memberikan gambaran menyeluruh dari objek penelitian.

Dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan lingkungan internal perusahaan terdiri dari empat fungsi bisnis, yaitu produksi dan operasional, pemasaran, keuangan, dan sumber daya manusia yang masing-masing telah memiliki empat fungsi manajemen (perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengawasan) di dalamnya. Sedangkan lingkungan eksternal perusahaan dipengaruhi oleh ancaman dari pendatang baru yang kuat, intensitas persaingan dalam industri yang tinggi, kekuatan tawar-menawar pembeli dan pemasok yang seimbang dengan perusahaan, serta banyaknya produk yang dapat menjadi substitusi bagi produk perusahaan. Strategi pengembangan yang dipilih adalah strategi pengembangan produk untuk menarik perhatian pembeli dan mendukung strategi diferensiasi perusahaan.


Keywords


pengelolaan, pengembangan, perusahaan keluarga

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.