PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN USAHA JASA PENGANGKUTAN TANAH DAN PENYEWAAN ALAT BERAT PADA UD. PRIMA JAYA DI SURABAYA

Levina Winata Candra(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini menggambarkan pengelolaan dan pengembangan usaha pada UD. Prima Jaya. Pada saat ini, perusahaan jasa pengangkutan tanah dan penyewaan alat berat sedang berkembang seiring dengan perkembangan pembangunan infrastruktur yang ada.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan studi pustaka. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan perusahaan yang meliputi planning, organizing, actuating, dan controlling sudah berjalan dengan baik. Selanjutnya analisis lingkungan internal dilakukan pada empat aspek, yaitu akutansi dan keuangan, sumber daya manusia, pemasaran, dan operasional. Permasalahan yang terjadi di perusahaan terdapat pada aspek sumber daya manusia. Sementara untuk analisis lingkungan eksternal menggunakan Porter’s Five Forces, yang membahas mengenai ancaman pendatang baru dan persaingan perusahaan sejenis. Peluang ada pada kekuatan tawar menawar pembeli, tawar menawar pemasok, dan jasa substitusi. Hasil dari analisa lingkungan internal dan eksternal tersebut diolah menjadi analisis SWOT. Adapun hasil dari analisis SWOT yang kemudian dapat dianalisa kembali dengan menggunakan strategi Fokus Nilai Terbaik.


Keywords


Pengelolaan, pengembangan usaha, jasa pengangkutan, alat berat.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.