HUBUNGAN SUMBER KEUANGAN DAN BUDAYA BISNIS KELUARGA DENGAN INOVASI PRODUK

Lukas Edward Tjantoko(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Usaha Mikro dan Kecil(UMK) merupakan salah satu kontribusi ekonomi yang meningkatkan tingkat perekonomian di Jawa Timur. Bisnis ini biasanya dimulai dari keluarga, jadi dapat dikatakan bahwa banyak UMK yang tersebar adalah bisnis keluarga. Peningkatan jumlah UMK menuntut setiap UMK untuk bersaing dan bertahan. Inovasi produk merupakan salah satu cara untuk dapat bersaing dan bertahan. Penelitian ini bertujuan melihat bagaimana hubungan latar belakang bisnis keluarga dengan inovasi produk pada UKM keluarga di Jawa Timur.
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sample yang dilakukan adalah purposive sampling. Jumlah sample dalam penelitian ini adalah dari 163 responden. Rata-rata responden yang diteliti adalah laki-laki. Kelompok usia 25-35 tahun dan 46-55 tahun. Jenjang pendidikan SMA ke atas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan sumber keuangan UMK keluarga dengan inovasi produk. Dan, ada hubungan budaya bisnis UMK keluarga dengan inovasi produk.

Keywords


UMK Keluarga, sumber keuangan, budaya bisnis, inovasi produk

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.