PERANAN CALON SUKSESOR DALAM PENGELOLAAN USAHA MADU (STUDI KASUS PADA UD. MADU AM)

Bernadette Cynthia Wirawan Oei(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Suksesi kepemimpinan yang terjadi pada perusahaan keluarga dapat membawa perusahaan kearah yang lebih baik. Oleh karena itu, UD. Maduam telah mempersiapkan calon suksesor sebagai penerus kepemimpinan. Sejak calon suksesor bergabung di perusahaan telah dilakukan perubahan terhadap pengelolaan usaha di UD. Maduam dengan tujuan untuk memajukan dan meningkatkan kinerja perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan calon suksesor dalam pengelolaan usaha madu pada UD. Maduam dan proses suksesi yang terjadi pada UD. Maduam.

Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari data primer, yaitu diperoleh dari hasil wawancara dengan informan penelitian. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan cara deskriptif, sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.

Hasil penelitian menunjukkan calon sukseseor berperan dalam pengelolaan usaha pada perusahaan keluarga UD. Maduam setelah menjalankan proses suksesi. Pada aspek sumber daya manusia terdapat perubahan pada proses rekrutmen dan seleksi serta pelatihan kerja. Pada aspek pemasaran terjadi perubahan aktivitas pemasaran dan perencanaan produk. Sedangkan aspek keuangan terjadi perubahan terkait dengan keputusan investasi. UD. Maduam telah melaksanakan hampir keseluruhan tahapan proses suksesi yang terdiri dari menentukan nilai dasar, pengembangan calon suksesor, seleksi..


Keywords


Pengelolaan Usaha, Suksesi, Kepemimpinan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.