ANALISIS STRATEGI BERSAING PADA PT GADING SAKTI MOTOR

Alvin Franklin Ezar

Abstract


Pemahaman terhadap lingkungan internal dan eksternal perusahaan memainkan peran yang besar dalam menentukan keberhasilan atau kegagalan perusahaan. Dengan memahami lingkungan internal, perusahaan dapat mengetahui keunggulan dan kelemahannya. Sedangkan pemahaman terhadap lingkungan eksternal bermanfaat bagi perusahaan untuk mengetahui peluang dan ancaman yang dihadapi perusahaan. Oleh karena itu, penting bagi PT. Gading Sakti Motor untuk memformulasikan strategi bersaing yang didasarkan pada lingkungan internal dan eksternalnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi bersaing yang sesuai digunakan pada PT. Gading Sakti Motor.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Prosedur pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan cara deskriptif, sedangkan uji keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian dengan menggunakan analisis SWOT menunjukkan strategi bersaing yang sesuai untuk PT. Gading Sakti Motor adalah strategi penetrasi pasar dan strategi pengembangan produk. Strategi penetrasi pasar yang dapat dilakukan adalah penambahan jumlah tenaga penjualan, promosi penjualan secara ekstensif, atau meningkatkan upaya-upaya pemasaran. Sedangkan strategi pengembangan produk yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan fasilitas pelayanan, merekrut teknisi berpengalaman, menambah varian di masing-masing jenis produk, dan menjalin hubungan baik dengan pihak leasing.


Keywords


Lingkungan internal, Lingkungan eksternal, Strategi bersaing, Analisis SWOT

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.