ANALISA PEFORMA PASCA SUKSESI PADA PERUSAHAAN KELUARGA DALAM BIDANG PRODUKSI ASBES

Palitho Aventus Simanjuntak(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Perencanaan suksesi merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh setiap perusahaan keluarga. Ini disebabkan karena dengan adanya perencanaan suksesi yang baik akan membuat perusahaan dapat terus bertahan ditengah kencangnya arus bisnis. Banyak dari perusahaan keluarga di Indonesia yang masih belum merencanakan suksesinya dengan baik. Inilah yang menyebabkan adanya rumor yang mengatakan bahwa generasi pertama membangun, generasi kedua yang mengembangkan, generasi ketiga menghancurkan.

Dalam penelitian ini penulis ingin melihat perencanaan suksesi yang ada di dalam perusahaan keluarga di daerah malang. Ternyata perusahaan keluarga tersebut telah merencanakan suksesinya kepada generasi penerusnya. Perencanaan ini melalui proses pemilihan kriteria dan dilanjutkan dengan pengembangan calon suksesor di perusahaan, serta peforma pasca suksesi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data melalui wawancara dan observasi dan penentuan wawancara menggunakan teknik purposive sampling, keabsahan data diuji menggunakan triangulasi sumber.


Keywords


Family Business, Suksesi, Kepemimpinan

Full Text:

PDF

References


Alcorn, P, B. (1982). Success and Survival in the Family-Owned Firm. New York: McGraw-Hill.

Arjanti, R, A. (2012, March). Lima Peranan Penting Pemimpin. Retrieved April 22, 2014, from http://leadershipqb.com

Aronoff. (2003). Business Succession : The Final Test of Greatness. Family Enterprise Publisher, 2003.

Astrachan, J, H. & McMillan, K, S. (2003). Conflict and Communication in the Family Business. Family Enterprise Publishers.

Barzoki, A, S., Esfahani, A, N., Ahmad, R, Z. (2012, May). Studying Application of Succession Planning Processes Components in Isfahan Melli Bank. Journal of Contemporary Research In Business, 718-734

Brännback M., Carsrud, A, L., Hudd, I., Nordberg, L. & Renko, M. (2006). Perceived Success Factors In Start Up And Growth Strategies: A Comparative Study Of Entrepreneurs, Managers, And Students. Journal of Applied Psychology.

Bungin, B. (2009). Penelitian kuantitatif: Komunikasi, ekonomi, dan kebijakan. Jakarta: Kencana

Carlock, R, S., & Ward, J, L. (2001). Strategic planning for the family business Parallel planning to unity the familand the business . Houndimil

Chaimahawong, V & Sakulsriprasert, A. (2013). Family Business Succession and Post Succession Performance: Evidence from Thai SMEs. International Journal of Business and Management 8.2 (2013): 19-28.

Faber Castell. (2005). Sejarah Faber Castell. Retrieved April 22, 2014, from http://www.faber-castell.co.id

Filser, M., Kraus, S., & Märk, S. (2013). Psychological aspects of succession in family business management. Management Research Review, 36(3), 256-277.

Goldman, M., & Bernshteryn, R. (2007). Succession planning : Building a talent pipeline. Talent Management, 3, 40-43.

Ismail, N., & Mahfodz, A, N. (2009). Succession planning in family firms and its implication on business performance. Journal of Asia Entrepreneurship and Sustainability, Vol 3 86-107.

Jogiyanto. (2008). Metodologi penelitian system informasi. Yogyakarta: CV Andi Offset

Kartono, K. (2003). Pemimpian dan Kepemimpinan Apakah Pemimpin Abnoramal Itu?. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Klasen, N., & Clutterbuck, D. (2002). Implementing Mentoring Schemes: A Practical Guide to Successful Programs. Oxford: Butterworth-Heinemann.

Lansberg, I. (2007). The Test of Prince. Harvard Business Review. September.

Moleong, J, L. (2004). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Moleong, J, L. (2007). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Moleong, J, L. (2011). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Moores, K & Barrett M. (2002). Learning Family Business, Paradoxes and Pathways. Aldeshot, Hampshire: Ashgate Publishing Limited.

Mujiono, I. (2002). Kepemimpinan dan Keorganisasian. Yogyakarta: UII Press.

Poza, E, J. (2010). Family Business: Third Edition. Cengage Learning Academic Resource Center: U.S.A

Sharma, P. (2004). An Overview of Family Business Studies: Current Status and Directions for the future. Family Business Review, 17(1), 1-36

Soedibyo, M. (2007). Kajian terhadap Suksesi Kepemimpinan Puncak (CEO) Perusahaan Keluarga Indonesia - menurut Perspektif Penerus. Jakarta: Disertasi, Program Pasca Sarjana, Universitas Indonesia

Soedibyo, M. (2012). Family Business Responses to Future Competition. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Bisnis (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta

Sunarto, A. (2009, April). Suksesi Kepemimpinan dalam LDK Sekolah. Retrieved April 28, 2014, from http://referensi-kepemimpinan.blogspot.com

Susanto, A, B. (2007). The Jakarta Consulting Group on Family Business. Retrieved April 22, 2014, from http://jakartaconsulting.com/art-05-09.htm

Van Amburgh, J, H., Surratt C, K., Green, J, S., & Colbert, J. (2010). Succession Planning in US Pharmacy Schools. American Journal of Pharmaceutical Education, 1-7

Wahyono. (2009). Suksesi Dalam Perusahaan Keluarga. Jurnal, Vol 3, No 1 (2009)

Wulandari, I. S. (2007, Oktober 21). Suksesi Nasib Perusahaan Keluarga di Tangan Generasi Ketiga. Kompas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.