ETIKA BISNIS DI PT. SSL

Pieter Wijaya(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Sikap dan perilaku pemimpin bisa menjadi suatu keunggulan atau justru kelemahan bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikan dan perilaku pemimpin di PT. SSL dalam berhubungan dengan pelanggan, pemasok, karyawan, dan pemegang sahamnya serta prinsip-prinsipnya dalam berbisnis melalui perspektif etika evolusionisme, utilitarianisme, pragmatisme, situasionisme, dan deontologi. Jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode etnografi dan melakukan teknik pengumpulan data dengan participation observation dan wawancara semi terstruktur pada pemimpin, manajer HRD, pemegang saham, pelanggan, serta pemasok. Sikap dan perilaku pemimpin di PT. SSL dalam berhubungan dengan pelanggan, pemasok, karyawan, dan pemegang saham didasari oleh etika deontologi. Sebagai seorang Kristen, dalam berbisnis, pemimpin menjalankan prinsip kejujuran yang berbicara sesuai dengan realita dan tidak menutup-nutupi informasi yang seharusnya diketahui oleh pihak lain, prinsip keadilan yang memberikan hak yang rasional dan tidak merugikan orang lain, prinsip keuntungan yang wajar, prinsip bertanggung jawab yang tidak melemparkan kesalahan yang diperbuat kepada orang lain, serta mempercayai adanya kebenaran mutlak yang menjadi dasar pemimpin PT. SSL  untuk menilai suatu tindakan baik atau tidak.

Keywords


Business Ethic; Behavior of the leader; Ethic Perspectives; Attitude of the leader

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.