ANALISIS KOMPENSASI PADA PT. X

Linda Listyani(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Persaingan dunia bisnis semakin ketat terutama pada bisnis makanan dan minuman dimana semakin banyak varian produk yang inovatif. Karena ketatnya persaingan pada industri ini, pengusaha dituntut untuk terus berkembang dan berinovasi. Pengusaha dalam hal ini harus memanfaatkan sumber daya yang ada dengan sebaik – baiknya dalam hal ini sumber daya manusia dimana sumber daya manusia merupakan salah satu faktor terpenting yang berpengaruh terhadap kesuksesan perusahaan. Oleh karena itu sudah seharusnya pengusaha juga memberikan kompensasi yang sesuai untuk karyawan mereka. Skripsi ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kompensasi  pada PT. X pada divisi produksi dan pemasaran. Selain itu juga untuk menggambarkan metode evaluasi dan analisis pekerjaan sebagai dasar penetapan kompensasi di PT. X pada divisi produksi dan pemasaran, untuk menggambarkan kompensasi langsung dan tidak langsung di PT. X pada divisi produksi dan pemasaran. Skripsi ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian dan pengamatan pada PT. X menunjukkan bahwa dalam penetapan kompensasi yang diberikan kepada pekerja menggunakan evaluasi pekerjaan. Hal ini dapat dijelaskan dan dijabarkan dari analisis survei gaji dan upah, evaluasi pekerjaan, pengelompokan pekerjaan, pemberian kompensasi pada tingkat pembayaran baik kompensasi financial dan kompensasi non financial.

 


Keywords


Kompensasi, Financial, Non Financial, Sumber daya manusia

Full Text:

PDF

References


Dessler, Gary. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Kesepuluh. Jilid 1. Jakarta : PT. Indeks.

Edy Sutrisno. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama. Cetakan Kedua. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Malayu,S.P. Hasibuan. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi, Cetakan Kedelapan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Malthis, Robert L., Jackson, John. H. Human Resource Management. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Mangkunegara Anwar Prabu, 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan , Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Mangkuprawira, Sjafri T.B. 2003. Management Sumber Daya Manusia Strategic, Edisi Kedua. Bogor : Penerbit Ghalia Indonesia.

Samsudin, Sadili, 2005. Management Sumber Daya Manusia, Bandung : CV. Pustaka Setia

Sunyoto, Danang, 2012. Management Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Buku Seru

Tohirin, 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling, Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.