PERUMUSAN BLUE OCEAN STRATEGY SEBAGAI STRATEGI BERSAING PADA PT.INDOSURYA GEMILANG

Alanus Yuraimond Putra Gunawan(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Strategi bersaing menjadi salah satu kunci untuk menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bersaing yang telah digunakan oleh perusahaan keluarga PT.Indosurya Gemilang saat ini. Kemudian peneliti mencoba merumuskan strategi baru menggunakan perumusan strategi samudra biru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Penentuan narasumber wawancara menggunakan teknik purposive sampling. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi sumber.

Dari hasil penelitian, PT.Indosurya Gemilang menggunakan strategi fokus yang termasuk dalam samuedra merah yang penuh persaingan. Peneliti mencoba menyusun strategi baru yaitu Blue Ocean Strategy dengan menciptakan sebuah inovasi produk yaitu produk pupuk organik cair.


Keywords


Strategi Bersaing, Strategi Samudra Biru, dan Perusahaan Keluarga

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.