ANALISIS PERSIAPAN DAN PROSES SUKSESI PADA UD AGUNG

Lucky Luciano

Abstract


Bisnis keluarga merupakan bisnis yang biasanya diturunkan atau diwariskan dari generasi sebelum pada generasi selanjutnya. Tetapi saat ini masih banyak para pemimpin perusahaan keluarga yang masih belum memikirkan tentang kelanjutan bisnisnya, mereka tidak memiliki succession plan atau rencana suksesi. Sedangkan bila dilihat dari realitas yang terjadi akhir-akhir ini, succession plan bukanlah hal yang bisa selesai dipersiapkan dalam waktu beberapa bulan saja. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  persiapan dan proses suksesi yang akan dilakukan oleh perusahaan keluarga UD.Agung untuk calon pewaris generasi ketiga. 

                Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara. Dalam penentuan narasumber menggunakan purposive sampling. Dan untuk menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.

                Dari penelitian ini peneliti menyimpulan bahwa pemimpin UD.Agung saat ini sedang melakukan persiapan dan proses suksesi dari generasi kedua kepada generasi ketiga. Proses suksesi pada UD.Agung juga telah bergulir, proses ini bisa diketahui melalui calon suksesor yang saat ini sedang menempuh pendidikan formal yakni jenjang SMA, yang kemudian akan dlanjutkan dengan jenjang Universitas, para anggota anggota keluarga baik inti dan keluarga besar pun telah mengetahui perannya masing-masing.

 


Keywords


Bisnis keluarga, succession plan, proses suksesi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.