KETERLIBATAN ANGGOTA KELUARGA DALAM FAMILY BUSINESS DAN HUBUNGANNYA TERHADAP KINERJA BISNIS (STUDI PADA PERUSAHAAN SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN DI SURABAYA DAN SIDOARJO

Reizka Arthadian

Abstract


Dalam perusahaan keluarga, anggota keluarga yang terlibat dalam usaha merupakan sumber daya yang penting, baik sebagai sumber daya manusia maupun sumber daya keuangan.

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan  bagaimana hubungan keterlibatan anggota keluarga dalam family business dengan kinerja bisnis. Kinerja bisnis dalam penelitian ini menggunakan pengukuran Dynamic Multi-dimensional Performance.  Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner  Alat analisa yang digunakan adalah teknik tabulasi silang atau cross tab dan chi-square untuk melihat apakah ada hubungan antara 2 variabel. Hasil  penelitian menunjukkan, bahwa secara keseluruhan tidak terdapat hubungan signifikan antara variabel keterlibatan anggota keluarga dalam family business dengan kinerja bisnisnya. Namun terdapat hubungan yang signifikan pada keterlibatan posisi anggota keluarga (orang tua dan anak laki-laki) dan keterlibatan sumber modal koperasi dengan kinerja bisnis.


Keywords


Keterlibatan anggota keluarga, Perusahaan keluarga, Kinerja bisnis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.