HUBUNGAN ANTARA PRAKTEK SUMBER DAYA MANUSIA DAN CORPORATE ENTREPRENEURSHIP: STUDI KASUS PADA PT SEMEN INDONESIA (PERSERO) TBK

Herry Liem

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran praktek sumber daya manusia, yakni praktek perencanaan, penempatan kerja, penilaian, kompensasi dan pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia, gambaran praktek corporate entrepreneurship yang meliputi inovasi, pengambilan risiko dan tindakan proaktif karyawan, serta hubungan kedua variabel ini.

Teknik analisa data dalam penelitian kuantitatif ini adalah statistik deskriptif dan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata jawaban responden terhadap variabel praktek sumber daya manusia dan corporate entrepreneurship tergolong sedang. Variabel pemberian kompensasi memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap inovasi dan pengambilan risiko. Semua variabel praktek sumber daya manusia memiliki hubungan yang signifikan terhadap sikap proaktif perusahaan, namun hanya penilaian kinerja yang memiliki hubungan positif.


Keywords


praktek sumber daya manusia, corporate entrepreneurship, korelasi product moment

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.