HUBUNGAN ENTREPRENEURIAL MOTIVATION TERHADAP KINERJA BISNIS USAHA MIKRO DAN KECIL PADA SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN DI SURABAYA DAN SIDOARJO

Tresia Thesman(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan entrepreneurial motivation dan kinerja bisnis serta hubungan entrepreneurial motivation terhadap kinerja bisnis usaha mikro dan kecil pada sektor makanan dan minuman di Surabaya dan Sidoarjo. Sampel yang digunakan adalah 50 responden pelaku usaha mikro dan kecil di Surabaya dan Sidoarjo. Jenis penelitian adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan analisis statistik deskriptif berupa mean, distribusi frekuensi, persentase, cross tabulation dan uji chi-square. Berdasarkan hasil analisa data yang didapatkan, entrepreneurial motivation pelaku usaha mikro dan kecil tergolong tinggi. Motivasi tertinggi terdapat pada dimensi self-efficacy. Motivasi terendah terdapat pada dimensi social environment. Sedangkan kinerja bisnis pelaku usaha mikro dan kecil tergolong sedang. Kinerja bisnis tertinggi terdapat pada dimensi market and customer. Kinerja bisnis terendah terdapat pada dimensi preparing for the future. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara variabel entrepreneurial motivation dan kinerja bisnis. Akan tetapi, dimensi entrepreneurial motivation yaitu egoistic passion merupakan dimensi yang paling terkait dengan dimensi kinerja bisnis preparing for the future.


Keywords


entrepreneurial motivation, usaha mikro dan kecil, sektor makanan dan minuman, kinerja bisnis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.