MANAJEMEN DAN PENGEMBANGAN PEMASARAN PADA PERUSAHAAN PERIKANAN DI SIDOARJO
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Perusahaan yang digunakan merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pengelolaan hasil perikanan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pemasaran, untuk menganalisa lingkungan internal dan eksternal bisnis pada perusahaan tersebut serta untuk menyusun rencana pengembangan bisnis pada aspek pemasaran yang ada. Peneliti menggunakan metode deskriptif yang bersifat untuk memperoleh data-data yang dibutuhkan melalui wawancara. Informasi yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah fungsi planning, organizing, actuating, dan controling yang dijalankan perusahaan. Penelitian ini juga menggunakan analisis lima kekuatan Porter dan analisis SWOT. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam menjalankan usahanya perusahaan perikanan ini sudah menjalankan fungsi manajemen di setiap fungsi bisnis yang ada di perusahaan. Kemudian dilakukan analisis lingkungan internal dan eksternal sebagai acuan dalam menyusun rencana pengembangan bisnis. Strategi yang direkomendasikan untuk perusahaan ini adalah differentiation yaitu dengan cara meningkatkan mutu dan pengembangan produk.
Keywords
Manajemen, pengembangan, perikanan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.