STRATEGIC COLLABORATION MODEL DALAM PROSES SUKSESI PERUSAHAAN KELUARGA PT. ABC DI SURABAYA

Irene Nissya Santoso(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam suatu perusahaan keluarga, isu suksesi menjadi sangat penting jika terdapat dua atau lebih generasi yang terlibat terlebih apabila sang pemilik usaha memiliki anak lebih dari satu. Hal ini tentunya akan mengakibatkan potensi konflik yang terjadi semakin tinggi karena adanya perbedaan sudut pandang dalam menjalankan perusahaan dari masing-masing anak. Oleh karena itu, perlu dilakukan pemisahan bisnis untuk menghindari potensi konflik yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan proses suksesi pada perusahaan keluarga PT.ABC melalui metode Srategic Collaboration Model (SCM).

Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian kualitatif deksriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, dimana informan yang digunakan adalah pendiri sekaligus family business leader (FBL) PT. ABCsaat ini beserta para calon suksesor. Teknik pemilihan informan dengan menggunakan purposive sampling.

Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses suksesi yang melalui metode strategic collaboration model dengan pemisahan bisnis dilakukan dengan baik, dimana pada tiap-tiap tahap input dalam suksesi lebih menekankan pada mentoring, bimbingan, arahan, maupun pelatihan yang diberikan kepada calon suksesor maupun ketiga anak lainnya yang mengalami pemisahan bisnis yang dilakukan secara informal. Dalam tahap proses generasi senior menanyakan apa yang menjadi minat dan bakat calon suksesor yang selanjutnya diidentifikasi usaha apa yang cocok dan mendesain usaha pada bidang masing-masing. Kemudian pada tahap output generasi senior beserta generasi junior membangun usaha dengan meninjau dana yang dibutuhkan, jumlah karyawan yang akan digunakan, lokasi yang cocok, serta biaya-biaya dalam perusahaan.

 


Keywords


succession plan, relation factors conflict, strategic collaboration model

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.