Analisis Gaya Kepemimpinan Perempuan di PT. Ruci Gas Surabaya

Melyn Rosintan(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pemimpin perusahaan biasanya didominasi oleh kaum pria. Tetapi, saat ini perempuan pun sudah dapat memimpin sebuah perusahaan juga. Setiap pemimpin baik itu laki-laki maupun perempuan memiliki sebuah gaya kepemimpinan. Gaya kepemimpinan pada perempuan dikaitkan dengan gender. Ada empat gaya kepemimpinan perempuan, yaitu gaya kepemimpinan maskulin, gaya kepemimpinan feminim, gaya kepemimpinan transaksional, dan gaya kepemimpinan transformasional.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya kepemimpinan perempuan yang digunakan oleh direktur PT. Ruci Gas. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif.

Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diantara gaya kepemimpinan feminim-maskulin, pemimpin dominan pada gaya kepemimpinan feminim. Di antara gaya kepemimpinan transaksional-transformasional pemimpin dominan pada gaya kepemimpinan transformasional. Tetapi, diantara gaya kepemimpinan feminim dan transformasional, pemimpin lebih dominan menggunakan gaya kepemimpinan feminim. Hal ini dikarenakan pemimpin merupakan sosok pemimpin yang berorientasi kepada orang atau team oriented dan pemimpin yang berkarisma.


Keywords


gaya kepemimpinan maskulin, gaya kepemimpinan feminim, gaya kepemimpinan transaksional, gaya kepemimpinan transformasional

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.