ANALISIS DESKRIPTIF STRATEGI BERSAING PADA PERUSAHAAN PENYEDIA KEBUTUHAN KONSTRUKSI

Adam Halim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk dapat menganalisis strategi bersaing yang diterapkan pada perusahaan penyedia kebutuhan konstruksi. Penelitian ini menarik karena industri konstruksi merupakan salah satu penyumbang Pendapatan Domestik Bruto (PDB) terbesar. Nilai tersebut terus naik namun pertumbuhan industri konstruksi sebenarnya menurun. Meski sesungguhnya pembangunan di Indonesia masih belum merata. Hal ini memunculkan tantangan bagi perusahaan agar dapat bertahan dan melakukan pembaharuan dalam strategi bersaingnya.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Penentuan narasumber wawancara menggunakan teknik purposive sampling. Data yang didapat kemudian diuji keabsahannya melalui triangulasi sumber. Analisis strategi bersaing mengunakan SERVO analysis dan Blue Ocean Strategy.

Dari hasil penelitian ditemukan bahwa perusahaan menggunakan focus differentiation strategy. Berdasarkan SERVO analysis, strategi fokus diferensiasi pada perusahaan masih relevan dengan kondisi persaingan saat ini. Strategi samudera biru yang disusun akan memunculkan konsep convenience store untuk memberikan utilitas / manfaat lebih dan mengambil pangsa pasar yang belum terjangkau.


Keywords


Strategi bersaing, SERVO analysis, Blue Ocean Strategy.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.