ANALISIS STRATEGI BERSAING PADA DISTRIBUTOR GULA DI INDONESIA

Rieke Kurniasari Lukito(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui strategi bersaing yang dapat digunakan dalam menghadapi persaingan di sektor perdagangan industri distributor gula. Seperti yang kita ketahui bahwa produksi gula di Indonesia, sampai saat ini masih belum dapat memenuhi permintaan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu pemerintah tidak punya pilihan lain selain mengimport gula dari luar negeri untuk dapat memenuhi permintaan gula di pasar. Hal ini menyebabkan banyak pembisnis yang berkecimpung dalam bisnis ini, hal ini menjadi sangat menarik untuk diteliti bagi penulis mengenai bagaimana strategi yang dapat digunakan perusahaan distributor gula untuk dapat bersaing  dengan perusahaan pesaing yang ada. Pengumpulan data dilakukan oleh penulis dengan cara wawancara dan observasi secara langsung di lapangan. Setelah mendapatkan data, penulis memastikan keabsahan data dengan metode Trianggulasi. Cara yang dilakukan dalam penelitian  ini adalah dengan membadingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara, dan membandingkannya kembali dengan data – data tertulis yang dimiliki oleh perusahaan . Hasil penelitian ini menunjukan, bahwa strategi yang digunakan oleh perusahaan adalah pengembangan pasar, dan strategi ini masih relevan untuk digunakan. Perusahaan hanya perlu menambahkan strategi baru yaitu penetrasi pasar untuk dapat memaksimalkan omset penjualan.


Keywords


analisis, 5 force model, SWOT analisis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.