ANALISIS DESKRIPTIF STRATEGI BERSAING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR PLASTIK

Natalia Kolina(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam penelitian ini penulis ingin mengetahui implementasi strategi bersaing pada perusahaan manufaktur plastik, dimana sudah cukup banyak pemain dalam industri ini dan hampir semua menerapkan strategi cost leadership. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi sumber.

Dari hasil penelitian, dengan menggunakan kerangka kerja SERVO Analysis, strategi perusahaan sekarang yaitu focus differentiation strategy dan me too strategy dinilai kurang relevan dengan persaingan saat ini. Sehingga penulis mencoba untuk menyusun strategi baru bersadarkan konsep Blue Ocean Strategy dengan menciptakan produk plastik dari bahan organik seperti kulit pisang dan ramah lingkungan untuk menekan biaya bahan baku dan menghasilkan produk ramah lingkungan dengan harga murah.


Keywords


blue ocean strategy, strategi bersaing, industri manufaktur plastik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.