PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN USAHA RETAIL DAN TRADING PADA PT. XYZ DI JAWA TIMUR

Larissa Iman Santoso(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Di Indonesia UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) memiliki peran yang sangat penting sebagai salah satu penunjang utama kehidupan perekonomian di Indonesia. PT. XYZ merupakan salah satu usaha menengah yang bergerak dalam bidang otomotif sepeda motor. Penelitian ini membahas mengenai pengelolaan dan pengembangan usaha retail dan trading pada PT. XYZ, serta mendiskripsikan lingkungan internal dan eksternal perusahaan pada PT. XYZ, serta rencana pengembangan bisnis PT. XYZ.

Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dan untuk penentuan informan dalam penelitian ini digunakan purposive technique. Purposive technique digunakan untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam penelitian.

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pengelolaan perusahaan pada PT. XYZ memiliki kendala pada aspek keuangan, teknologi informasi, persaingan yang semakin ketat, dan menghadapi produk pengganti. Melalui analisa tersebut, disimpulkan bahwa formulasi strategi yang dapat mengembangkan bisnis ini adalah strategi diferensiasi, yaitu dengan memberi benefit ekstra yang dirasakan oleh konsumen.

 

Kata kunci: UMKM, Pengelolaan Usaha, Pengembangan Usaha, dan Strategi Diferensiasi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.