Analisis Peranan Perusahaan dalam Upaya Meminimalkan Tingkat Turnover Pekerja di Departemen Penjualan pada CV. X

Megawillyana Santoso(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis gejala turnover intention, serta menganalisis bagaimana upaya perusahaan untuk meminimalkan tingkat turnover pekerja tetap dan tidak tetap di departemen penjualan pada CV. X. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan gejala turnover intention dari pekerja tetap adalah banyaknya jumlah protes dari para pekerja terkait dengan jadwal kerja. Sedangkan untuk pekerja tidak tetap, ditunjukkan dari banyaknya pekerja yang lebih tertarik dan memilih untuk bekerja di perusahaan pemerintah, serta banyaknya pekerja yang mengundurkan diri. Upaya perusahaan untuk meminimalkan turnover bagi pekerja tetap dengan membangun komitmen organisasional. Sedangkan bagi pekerja tidak tetap, masih tidak terdapat upaya perusahaan untuk “mengikat” para pekerjanya.


Keywords


Turnover intention, Turnover pekerja, dan Upaya Perusahaan

Full Text:

PDF

References


Anis, K., Indah, M., Noor, A., dan Sutapa. (2003). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional Terhadap Keinginan Berpindah Kerja Auditor (Studi Kasus pada KAP di Jawa Tengah). Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol.4 No. 2, Juli, p. 141-152.

Frame, P., & Hartog, M. (2003). From rhetoric to reality. Into the swamp of ethicalpractice: implementing work-lifebalance. Business Ethics: A European Review, 12, p. 358-367.

Gillis. (1994). Commemorations: the Politics of National Identity. New Jersey: Princeton University.

Maslow, Abraham. F. (1943). A theory of Human Motivation Psychological Review 50.

Moleong, L. J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Rosda.

O’reilly, Ronald. (2004). 63 Kaidah Tak Terbantah Mulai dari Merekrut Hingga Memberdayakan Karyawan. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Quadrant. Exit Interview, Pentingkah?. Retrieved April 9, 2014, from http://www.arroundmywork.com/index.php?option=com_content&view=article&id=65:exit-interview-pentingkah&catid=35:pengelolaan-hr&Itemid=29

Reimara, Valk and Vasanthi, Srinivasan. (2011). Work-family balance of Indian Women Software Professionals: A qualitative study, IIMB Management Review, 23, p. 39-50.

Robbins, Stephen. P. (2001). Organizational Behavior: Concepts, Controversies, and applications nineth edition. USA: Prenctice Hall Inc.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis : (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.