STUDI DESKRIPTIF IMPLEMENTASI PELATIHAN PADA PT. BINA MANDALA PRATAMA PERKASA

Steven Lienardy(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Sumber daya manusia merupakan salah satu aspek yang penting bagi perusahaan. Pengelolaan terhadap sumber daya manusia di perusahaan dapat dilakukan dengan mengadakan pelatihan kerja. Hal ini juga diterapkan oleh PT. Bina Mandala Pratama Perkasa dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusianya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pelatihan yang dilakukan oleh PT. Bina Mandala Pratama Perkasa dan efektivitas pelatihannya.

Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian berasal dari dalam perusahaan yang berjumlah 3 orang. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Teknik analisis data yang digunakan terdiri adalah analisis deskriptif, sedangkan metode pengujian datanya adalah triangulasi.

Hasil penelitian menunjukkan proses pelatihan terhadap karyawan PT. Bina Mandala Pratama Perkasa memiliki beberapa tahapan dimulai dari pengenalan kebutuhan, menentukan tujuan pelatihan kerja, menentukan materi program yang sesuai dengan kebutuhan peserta pelatihan. Kemudian, untuk memverifikasi keberhasilan suatu program pelatihan kerja maka dilakukan evaluasi. Berdasarkan hasil evaluasi pelatihan kerja menunjukkan reaksi positif dari peserta pelatihan terhadap proses dan isi kegiatan pelatihan. Pelatihan kerja yang diikuti karyawan PT. Bina Mandala Pratama Perkasa juga efektif karena produktivitas karyawan sesudah pelatihan mengalami peningkatan dan tingkat keluhan pelanggan terhadap pelayanan perusahaan juga mengalami penurunan

Keywords


Sumber Daya Manusia, Pelatihan Kerja, Efektivitas

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.