EVALUASI STRATEGI BERSAING PADA PT. TRIYUDA PERKASA

Erly Aquino(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Industri metal work di Indonesia saat ini sedang bertumbuh, salah satunya adalah PT. Triyuda Perkasa yang sudah bergerak di bidang ini, karena konsumsi stainless steel dalam negeri meningkat seiring kebutuhan material tersebut sebagai bahan baku utama untuk pembangunan infrastruktur, properti, perkapalan, maupun otomotif. Maka dari itu perusahaan harus dapat bertahan dan melakukan pembaharuan dalam strategi bersaingnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bersaing apa yang saat ini diterapkan oleh PT. Triyuda Perkasa dengan menggunakan SERVO analysis. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi. Penentuan narasumber wawancara menggunakan snowball sampling, kemudian diuji keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber. Dari hasil penelitian, saat ini perusahaan menggunakan costleadership strategy. Berdasarkan SERVO analysis, strategi cost leadership masih relevan dengan kondisi persaingan saat ini, karena persaingan di industri metal work sangat ketat sehingga perusahaan harus menekan biaya produksinya.


Keywords


Strategi bersaing, SERVO analysis, cost leadership

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.