ANALISIS STRATEGI BERSAING PT. MASTERINDO JAYAGLOBAL INDONESIA

Levina Tan Puteri(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Saat ini lingkungan bisnis mengalami perubahan yang begitu cepat, pendekatan kapabilitas dinamik (Dynamic Capability) dalam mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan (Sustainable Competitive Advantage) memiliki peran sangat penting. Penerapan strategi kapabilitas dinamik (Dynamic Capability) adalah pendekatan yang paling sesuai digunakan perusahaan dalam menghadapi persaingan dan perubahan lingkungan yang cepat (Teece et al., 1997; Wang dan Ahmed, 2007; Helfat et al. 2007; Barreto, 2010). Pendekatan Dynamic Capability View melihat bahwa Dynamic Capability menekankan pada tiga aspek yaitu mengerti bentuk peluang dan ancaman (Sense), menangkap peluang (Seize), dan merekonfigurasi (Reconfiguration) dalam menghadapi perubahan lingkungan (Teece et al., 2007).

Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan strategi bersaing perusahaan subjek penelitian dalam mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan (Sustainable Competitive Advantage) dengan menggunakan kapabilitas dinamik (Dynamic Capability). Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif di mana informasi diperoleh secara langsung melalui wawancara dan observasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan sudah memiliki kemampuan dalam memahami bentuk dan ancaman (Sense), menangkap peluang (Seize), dan merekonfigurasi ulang aset (Reconfiguration) demi menghadapi perubahan lingkungan. Perusahaan sudah menggunakan kapabilitas dinamik sebagai strategi bersaing perusahaan dalam mencapai keunggulan kompetitif berkelanjutan. 


Keywords


Sustainable Competitive Advantage, Dynamic Capability, Dynamic Capability View

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.